Messy Play With Jelly

Saturday, September 07, 2019

Tantangan baru ketika anak mulai berusia 1 tahun ke atas bagi saya adalah tiap hari berasa harus mikir aktifitas menarik apa yang bisa dilakukan bareng si kecil. Karena anak-anak usia se-Kafa sekarang itu ternyata punya energi melimpah dan rasa penasaran akan berbagai hal yang harus kita salurkan dengan baik agar bisa membantu mereka buat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Katanya nih ya, umur 0-5 tahun in adalah masa-masa golden age dimana merupakan masa pekembangan terbaik untuk otak dan fisik anak. Kebayang kan kalo udah tau gitu, rasanya sebagai orangtua tanggung jawabnya gede banget buat memberikan yang terbaik di rentang usia tersebut. Karena kan kebanyakan waktu dalam usia 0-5 tahun dihabiskan berasama keluarga.

Tapi untungnya kita hidup di era tekhnologi berkembang cukup pesat, internet bisa dengan mudah membantu kita untuk mencari bergam inspirasi kegiatan anak-anak yang bisa kita lakukan sesuai usia mereka. Huhuhu terbantu sekali dan anti matigaya. Saya sering banget dapat inspirasi dari mommy blogger yang tersebar di seluruh dunia, ngelihat para buibu sesempet itu bikin mainan dan bermain bersama anaknya tuh bikin saya semangat juga untuk ikut mengambil peran yang sama di rumah saya sendiri, menyeseuaikan kondisi saya juga.

Dan banyak juga temen-temen yang DM tentang minta tolong buat sering upload dan posting seputar bermain bersama kafa tetapi saya lebih sering lupa daripada ingetnya. Kayaknya pas lagi main bareng tuh yaudah aja asyik berdua sambil bermain, kadang nggak sempet dan nggak kepikiran buat dokumentasi segala macam. Tapi ini saya mau share dikit bermain jelly bareng kafa, yang tumbenan sempat di dokumentasikan. Semoga kedepannya juga rajin post yah!

Ini salah satu ide permainan sederhana yang cuma butuh jely doang, kita bisa menyiapkan ini malam hari. Besok paginya siap buat dimainkan. Saya pakai jelly merk swallow habis dua bungkus karena kebetulan toplesnya agak tinggi, biar teksturnya tetep 'njelly' memang perlu jelly cukup banyak. Kalau mau lebih murah meriah bisa beli di toko kue jelly los-losan (atau jelly yang curah gitu).

Bikinnya ya normal aja kayak bikin jelly pada umumnya, tapi saya tanpa gula biar anaknya ga keasyikan makan kalo pas nyoba ini, kan kotor semua. Tapi karena bahannya jelly, kalo ga sengaja kemakan insyaAllah tetep lebih aman, ada beberapa ibu-ibu yang menyarakankan memberi garam biar kalo nggak sengaja kemakan anaknya nggak keterusan, tapi saya sih engga.


Nah nanti abis dituang ke wadah diamkan beberapa saat biar nggak panas-panas banget, baru deh kita bisa masukan aneka benda kedalamnya, kebetulan saya ada kayak ring warna warni gitu. Masukinnya biasa, karena masih cair jadi dia sangat mudah tenggelam, harus pelan-pelan sih. Tapi kemarin saya masukinnya udah pas agak semi semi mau jadi jelly jadi lebih mudah ditata.


Respon kafa pertamakali pas lihat ini seneng banget, 'huwaaaawwww' terus langsung lari nyamperin mainannya. Tapi kemudian dia diem dan gerakannya melambat, pelan-pelan tangannya nyentuk dan ditarik kembali karena geli, tapi mukanya penasaran. Pelan-pelan dia mengamati jelly-jellynya, ohya lupa waktu abis bikin saya simpen di kulkas jadi ini waktu main dalam kondisi jellynya dingin banget. Jadi selain senosry dengan tekstur yang njelembrek (atau apa sih yang kayak lembek lembek gitu) dia juga merasakan kondisi dingin.


Kafa betah banget main ini lama, dari yang awalnya takut, nggak butuh waktu lama buat jadi berani, kemudian ketagihan. Waktu saya cotohin ambil satu dari ringnya, dia langsung ngikutin ambil sisa lainnya, satu persatu di tarikin. Merasa kurang menantang, dia seru-seruan dengan memukul-mukul permukaan jelly sehingga terhambur semua kemana-mana. Moment yang bagi kafa menyenangkan sekali tapi bagi orang tua yang nanti bakal beresin pasti kayak 'huaaa please gapakek gitu-gituuuu huhuhu terhambur kemana-mana'.

Tapi tapi tapi, istead of marah-marah dan ngomel saya ajak kafa beresin sisa jelly yang tersebar buat dibuang sambil bilang "jelly yang udah keluar-keluar ini berarti nggak bisa kita pakai buat main lagi. Besok misal kafa mau main ini lagi, jellynya tinggal segini aja (sambil nunjuk sisa yang ada di box)." Besok-besok kalo main harus rapih ya, kalo udah keluar dari tempatnya berarti bikin mainan kafa makin sedikit". Saya tau sih, mungkin dia belum faham dengan apa yang saya katakan, tapi saya yakin pasti ada efeknya nantinya.

Nah, sisa jelly ini bisa kita cairkan lagi dengan direbus, kemudian ketika dingin dia akan kembali jadi jelly utuh lagi. Heheheh nggak mau rugi banget orangnya. Pengalaman kemarin, kita bisa menggunakan ini untuk tiga kali permainan.

Jadi sebenernya mudah banget kan bikin anak happy dengan permainan rumahan macam ini? Mereka bisa sibuk beberapa jam dan belajar banyak hal baru. Dari permainan ini aja dia makin kenal dengan aneka tekstur, rasa dingin, kejelian buat ngambil ring, sembari main bisa kita ajak menghitung ringnya, sekalian ngomongin seputar warna-warna ring juga. All ini one banget!

Ohya saya sempat menulis tentang barang-barang apa aja yang wajib dipunyai oleh orang tua dengan anak balita untuk bisa berkreasi menyiapkan anekaragam permainan untuk mereka tanpa perlu repot. Kalau penasaran, bisa langsung cek di sini ya (klik linknya), nggak cuma nyebutin produknya aja, tapi juga sekaligus dengan penjelasan kenapa produk itu harus kalian miliki. Dan kesemuanya under 50rb doong! Malah ada yang cuma 10rb sepertinya. Dari alat bahan itu kita bisa bikin aneka permainan seru untuk merangsang tumbuh kembang sikecil, wow seru yah. Selamat bebikinan ya ibu!

With love,

Ghea Safferina Adany


You Might Also Like

1 comments

  1. Mbak Ghe tiap liat ginian aku malah excited pengen coba main sama ponakan ku hwaaa. Sering sering share DIY2 main sama anak anak gini ya mba gheee.

    It's really helps mama mama mudaa.(dan juga tante muda) wkwk

    ReplyDelete

My Latest Vidio

ALL TIME HITS